Antibiotik

obat

Berikut ini beberapa jenis antibiotik dan manfaat penggunaan antibiotik untuk mengobati  infeksi bakteri

Amoxicillin, merupakan antibiotik dari golongan penicillin lebih spesifik pada kelas aminopenicillin. Amoxicillin lebih dikenal masyarakat dengan sebutan ampicilin. Manfaat antibiotik amoxicillin ini untuk mengobat infeksi kulit, infeksi gigi, telinga saluran nafas dan saluran kemih.

Cefadroxil, adalah keluaran pentama dari antibiotik golongan Cephalosphorin. Manfaat antibiotik Cefadroxil ini sama dengan Amoxicillin atau antibiotik golongan penicillin untuk mengobati infeksi kulit sampai infeksi saluran kemih.

Erythromicyn, adalah antibiotik golongan makrolid digunakan untuk pasien yang alergi terhadap antibiotik golongan penicillin. Antibiotik ini sering dipakai untuk pengobatan pneumonia atipik atau pneumonia karenainfeksi bakteri.

Ciprofloxacin, merupakan antibiotik paling baru saat ini dan termasuk golongan floroquinolon. Manfaat antibiotik ini untuk mengobati infeksi saluran kemih, infeksi saluran nafas dari sinuitis, pneumonia, bronkitis dan infeksi kulit lain karena bakteri.

Tetrasiklin, merupakan antibiotik yang banyak digunakan oleh para pekerja seks untuk mengobati infeksi kelamin chlamydia, gonorrhea atau kencing nanah. Akan tetapi penggunaan antibiotik ini bisa membuat kuman gonorrhea kebal tehadap antibiotik.

Keefektifannya antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri bergantung pada lokasi infeksi dan kemampuan antibiotik mencapai lokasi bakteri. Antibiotika oral (yang dimakan) mudah digunakan bila efektif, dan antibiotika intravena (melalui infus) digunakan untuk kasus yang lebih serius. Antibiotika kadangkala dapat digunakan setempat, seperti tetes mata dan salep.

Iklan

About UKM move

Para Penggenggam Bara

Posted on Februari 2, 2013, in Kimia, Obat & Vitamin and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: